Kamis, 11 Oktober 2012

Dadar Gulung

gud day!

beberapa hari yang lalu lagi pengeeeen banget dadar gulung (entah dapet ilham dari mana, mendadak aja pengen). tapi udah lamaaa banget gak pernah bikin lagi, setelah jaman mas Dhia masih orok bikin kulit dadar gulung berantakan, dan waktu itu masih ada asisten (alm) simbok yang bisa bantuin marut kelapa buat enten2nya (ini males bangetttt).

nahh, akhirnya buat juga pake resep asal comot dari berbagai sumber dengan sedikit modifikasi. jadilah hasilnya seperti ini :


gapapa yaaa kalo ada background foto yg bikin....hehehe...(sekali-kali nampang sah kannn, bukan kue-nya aja yg nampang yaa)
kulit dadarnya lembuutt dan tipis tapi tidak gampang sobek. isiannya saya bikin dua jenis, satu enten2 satu lagi pisang ambon bejek. sama-sama enyaaak kok sodara-sodara, hanya terserah selera aja lahhh. nahh ini dia kalo dadarnya dibelah, yg berdiri 'ntu isinya enten, yang bobo'an isinya pisang...


dan ini dia resepnya :

Dadar Gulung a la Dapur Minimine

Kulit :
150g tepung terigu
275ml susu cair
1 butir telur
1 sdm margarin cair
sejumput garam

Isian (enten2)
1/2 butir kelapa setengah tua parut memanjang
1 bongkah gula jawa (saya pake yang bentuknya lonjong) sisir halus
gula pasir secukupnya (sesuai selera)

Cara Membuat :
Kulit : campur tepung terigu dengan susu cair sedikit demi sedikit, lalu masukkan telur, aduk rata, lalu tambahkan margarin cair, aduk hingga rata tak bergerindil. tuang di wajan teflon (dia.18cm) sebanyak 2 sendok sayur, ratakan di permukaan teflon, diamkan sebentar, angkat jika sudah tidak lengket (jika teflon digoyang, adonan terlepas dengan sendirinya).

Isian : campur semua bahan, masak di atas api kecil hingga air susut dan parutan kelapa sudah matang dan pas manisnya. angkat. dinginkan.

Penyelesaian : ambil selembar kulit dadar, isikan isian sebanyak satu sendok makan, gulung seperti cara melipat amplop, tutup gulungan.


Selamat Mencoba!
(jika males nyoba, bolehhh pesen di Dapur Minimine - Brownies & Klappertaart Semarang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar