Senin, 11 Maret 2013

Kacang Telur

gud mo'ning!

Saya adalah penggemar camilan kacang bertepung mulai dari kacang telur, kacang atom, kacang disko, kacang oven, dll. Namun sayangnya kadang-kadang harus berurusan dengan kacang busuk (jika beli jadi). Duluuuu waktu masih kecil, menjelang lebaran Ibu saya selalu membuat kacang telur sendiri. Seingat saya memang repot sih, karena harus mengadon tepung lalu mengguling-gulingkan kacang di tepung, namun seingat saya pula, hasilnya enak, renyah dan empuk..tapi Ibu sudah lupa resepnya dan saya nggak kehilangan akal lahh, pasti google sudah menyediakannya hehe...

Saya menjatuhkan pilihan pada resep Kacang Telur NCC (ini grup memang surganya resep) dan sudah 2x mencobanya, hasilnya pas manis gurihnya, cukup renyah walau masih agak keras tapi tidak mudah melempem juga kok. Lumayan untuk bahan camil-camil, hehe...Berikut resepnya:


Kacang Telur NCC

  • 250g kacang tanah disangrai (boleh dibuang kulitnya, boleh nggak)
  • 1 butir telur
  • 200g gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 225g terigu, ayak
Cara membuat :
  1. Kocok telur, garam dan gula pasir hingga mengembang & kental. 
  2. Bagi kacang menjadi 2 bagian, ambil 2 sendok makan adonan telur, aduk dengan kacang hingga semua kacang terbalut adonan, taburi tepung terigu, aduk-aduk hingga semua kacang tersalut tepung.
  3. Jika menginginkan salutan tepung lebih tebal maka ulangi prosesnya hingga 2x.
  4. Lakukan hingga kacang habis tersalut semua dengan tepung.
  5. Goreng di minyak panas, sering diaduk-aduk agar tidak gosong sebelah (matang rata). Angkat jika sudah tampak kecoklatan.
  6. Taruh dalam wadah kedap udara agar kacang awet renyahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar