Senin, 11 Februari 2013

Nagasari


hi folks,
beberapa minggu ini saya lagi seneng masak kue basah tradisional. selain emang enak dan tradisionalnya, bahan resep kue basah kategori ini pasti sangat mudah didapat, atau bahkan sudah tersedia di dapur kita. dan pilihan saya untuk menu minggu ini adalah nagasari. alasannya, saya sekaligus pengen buatin babydhia camilan tradisional yg sehat & mengenyangkan.
ternyata emang simple banget, hanya butuh kesabaran saja. berikut resepnya :


Nagasari ala Dapur Minimine
  • 200g tepung beras Rosebrand
  • 250 ml santan kental
  • 500 ml santan cair
  • 50 ml air perasan daun pandan/suji
  • 180g gula pasir
  • pisang raja (potong sesuai selera, saya sih biasanya satu pisang dibagi 2 untuk satu bungkus nagasari, jadinya besarrrr dan mantappp)
Cara Membuat :
  1. Campur santan kental dan tepung beras, aduk2 rata mengental.
  2. Campur santan cair, air perasan daun suji/pandan, gula pasir. Masak api sedang, aduk2 sampai mendidih. Setelah mendidih, tuang campuran santan kental dan tepung, aduk cepat hingga meletup dan licin (jangan menggerindil). Angkat. Dinginkan
  3. Siapkan daun pisang, tuang adonan seukuran sendok makan, tempelkan pisang raja di tengah, tutup lagi dg adonan. semat daun pisang. kukus 30 menit.
Khusus untuk babydhia, supaya menarik saya cetak di cetakan kura-kura dan saya beri nama Kurasari Hijau. sekarang babydhia terbiasa menyebut jajanan ini "Kuwa Kuwa" (kura-kura, red.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar