Senin, 11 Februari 2013

Martabak Manis


saya yakin, hampir semua orang pernah mencicipi martabak manis (pasangannya martabak telur). gerobagnya bisa dijumpai di pinggir jalan, setahu saya, baik di jawa maupun di sumatra (pulau lain saya belum yakin :D). tapi jeleknya, martabak manis di pinggir jalan selalu berminyakkkk & kadang meises/kejunya tidak seenak meises/keju merk yg biasa kita pakai sehari-hari. efeknya yaaa pasti kurang enak.

saya tertantang membuatnya, berbekal browsing resep sana sini, akhirnya saya membuat versi saya sendiri yang dijamin enak, kering, lembutttt (lebih mirip bolu karena lembut) dan tentu saya toppingnya sesuai dg selera kita. berikut resepnya :

Martabak Manis ala Dapur Minimine
  • 250g terigu Cakra
  • 50g gula pasir halus
  • 400ml susu UHT plain (atau bisa diganti 20g susu bubuk + 400ml air hangat)
  • 2 butir telur
  • 2 sdm mentega/margarine cair
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt garam
Cara Membuat :
  1. Ayak terigu, campur dengangula, ragi. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  2. Kocok lepas telur lalu campur dengan mentega cair. Tambahkan garam. Campur dengan adonan tepung.
  3. Siapkan wajan teflon (jika punya pake loyang martabak yang panta*nya tebal), olesi dengan sedikit margarine. Panaskan, lalu tuang adonan secukupnya (jangan terlalu tebal). Tunggu sampai atasnya berlubang-lubang.
  4. Tutup loyang/wajan. Tunggu sampai permukaan martabak kering dan sudah berhenti berlubang-lubang. Intip sedikit bagian bawah, sudah coklat/belum. Jika sudah, segera angkat.
  5. Langsung oles permukaan martabak dengan margarine dalam kondisi panas2. Lalu taburi topping sesuai selera, bisa meises, keju, kismis atau kacang. Siram dengan susu kental manis. Lipat separuh. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar